PENGARUH K-POP TERHADAP MINAT BAHASA ASING BAGI MILENIAL DI INDONESIA

oleh -64 views

Dwijendranews.com|Denpasar| Pendidikan atau pembelajaran merupakan salah satu proses untuk mencapai suatu ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter untuk diri kita sendiri. Kita tidak mungkin menempuh Pendidikan tanpa adanya tujuan yang ingin dicapai bukan? Di Indonesia tidak terlalu banyak yang berminat untuk belajar Bahasa asing karena banyak yang berasumsi bahwa mempelajari Bahasa asing itu sangat sulit. Sesungguhnya, jika kita tidak ada tujuan yang dicapai atau tidak mempunyai keinginan, sudah pasti akan berasumsi seperti itu. Di dunia ini, Bahasa asing itu cukup amat sangat penting untuk kita kuasai, terutama Bahasa Inggris. Karena kalau kita sudah menguasai Bahasa Inggris dengan cukup baik, maka kita akan sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan ataupun untuk berkuliah di luar negeri. Tetapi masih banyak juga yang beranggapan bahawa Bahasa Inggris itu tidak penting untuk dikuasai.

Tetapi saat ini, anak-anak milenial sudah banyak yang ingin mempelajari Bahasa Inggris dan Bahasa asing lainnya. Seperti yang kita ketahui, K-Pop saat ini sangat merajalela di Indonesia bahkan di dunia. Banyak yang beranggapan bahwa K-Pop membawa pengaruh buruk bagi anak-anak milenial. Faktanya bahwa K-Pop sangat banyak sekali membantu anak milenial untuk menempuh Pendidikan mereka, terutama untuk meningkatkan Bahasa Inggris mereka. Mereka yang merupakan penggemar K-Pop pasti sangat ingin sekali untuk bisa berbahsa asing. Mereka seperti itu karena mereka sudah ada tujuan untuk apa mereka harus mempelajari Bahasa asing. Selain mereka berfikir bahwa Bahasa asing sangat berpengaruh untuk mencari pekerjaan nanti, mereka juga ingin berwawasan luas. Mereka ingin mempelajari Bahasa yang sebelumnya belum pernah mereka pelajari. Tujuan mereka selain itu juga mereka ingin bisa berinteraksi dengan idol mereka. Jadi di dalam diri mereka ada rasa ingin mempelajari Bahasa asing supaya mereka bisa berinteraksi dengan idol mereka.

Banyak sekali yang beranggapan bahwa penggemar K-Pop itu terlalu fanatic, mengagung-agungkan idolnya, dan tidak ada manfaatnya. Tetapi faktanya malah sebaliknya. Idol-idol mereka selalu mengajari mereka untuk menempuh Pendidikan setinggi-tingginya dan bisa sukses bersama. Banyak sekali hal positif yang bisa didapatkan menjadi penggemar K-Pop, salah satunya yaitu adanya keinginan untuk belajar Bahasa asing. Banyak sekali anak-anak milenial penggemar K-Pop yang ingin menambah kemampuan Bahasa mereka. Seperti ada yang kuliah ke Korea agar bisa berbahasa Korea, ada yang kuliah mengambil jurusan Bahasa Mandarin, ada yang kuliah di luar negeri untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa asing lainnya. Itu semua adalah pengaruh K-Pop terhadap anak-anak milenial penggemar K-Pop yang sedang terjadi saat ini. Kalau kita lihat, banyak sekali anak-anak milenial belajar untuk mendapatkan beasiswa di Korea untuk mempelajari Bahasa Korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, dan Bahasa asing lainnya. Itu sudah menjadi bukti nyata seberapa besar pengaruh K-Pop terhadap minat Bahasa asing bagi anak-anak milenial di Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya mereka menyelipkan Bahasa-bahasa asing yang sudah mereka pelajari atau ketahui sebelumnya untuk mengimprove skill speaking dan vocabulary mereka. Sudah banyak anak-anak milenial penggemar K-Pop yang sukses dan mampu menguasai beberapa Bahasa asing karena motivasi mereka adalah idol mereka sendiri. Jadi jangan beranggapan bahwa menyukai K-Pop itu tidak mempunyai manfaatnya karena banyak anak milenial yang sudah sukses karena dorongan dan semangat yang diberikan oleh idolnya. Idolnya adalah motivasi mereka untuk sukses dan mau belajar Bahasa diluar kemampuan mereka.

 

*) Penulis

I Gusti Agung Ayu Chintya Pratiwi (0214040001)

Mahasiswi Prodi PBING, FKIP Semester 3, Dwijendra University

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.