, , , , ,

Kegiatan BEM dan UKM Fakultas Pertanian dan Bisnis UNDWI Melaksanakan Urban Farming dengan memanfaatkan Roof Garden

oleh -417 views

Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Dwijendra mengadakan kegiatan kerja nyata dilantai 5 Universitas Dwijedra, disini mahasiswa punya tekad yang besar karena mampu menerapan teori yang di pelajari dalam kuliah dengan praktek langsung di roof garden  mengenai urban farming. Urban Farming harus secepatnya diterapkan bagi masyarakat perkotaan mengingat adanya keterbatasan lahan karena banyak terjadi alih fungsi lahan.

Dengan menerapkan Urban Farming, mahasiswa BEM dan UKM ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa pertanian ini tidak hanya di lakukan di lahan yang luas, namun bisa di lakukan di lahan sempit. Masyarakat bisa bercocok  tanam dalam lahan yang sempit, seperti yang diterapkan mahasiswa FPB, mahasiswa diajak untuk bisa menggunakan berbagi teknologi dalam bertani, di roof garden mahasiswa menerapkan kegiatan bertani dengan menggunakan pollybag, hydroponik dan talang bertingkat. Mahasiswa sangat bersemangat belajar dalam kegiatan pemilihan benih, pembibitan, penyiapaan tanah untuk media tanam (polybag, pot dan talang bertingkat) penanaman, pemeliharaan seperti pemupukan pengendalian hama dan penyakit, panen serta pengemasan sampai pada pemasaran.

Sebagai manusia kita tidak bisa terlepas dari pertanian, karena sektor pertanian mampu menyediakan pangan, sandang, papan bagi setiap masyarakat. Maka dari sebagai mahasiswa BEM dan UKM Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Dwijendra mengajak masyarakat terutama kalangan anak muda untuk bisa mencintai pertanian. Urban farming adalah salah satu solusi yang tepat untuk  masyarakat perkotaan dengan ini  bisa menggunakan lahan di sekitar pekarangaan rumah, selain itu urban farming memiliki banyak manfaat buat rumah tangga seperti membudidayakan sendiri sayur-sayuran. Disamping itu urban farming  mempunyai manfaat yang bagus untuk lingkungan karena dapat mengurangi polusi udara, jika ingin lingkungan Clean dan Green  maka jawaban yang tepat adalah urban farming.

Mahasiswa FPB BEM dan UKM mempunyai kesan yang sangat menarik disaat bergabung di Universitas Dwijendra yaitu kami bangga bisa belajar dan diberikan kesempatan untuk mengelolah roof garden, sehingga kami mampu menerapkan ilmu yang kami dapat. Beberapa jenis komoditas tanaman yang telah berkali-kali dikembangkan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis adalah tanaman mentimun, terong, cabe, sayur hijau dan jenis tanaman lainnya yang produknya dapat langsung dinikmati oleh mahasiswa dan juga para dosen

 

Opini Mahasiswa Marsiana Ratna Sari (Prodi Agribisnis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.