Pentingya Data Tracer Study Untuk Penigkatan Mutu Lembaga, Dekan FKIP: Ingatkan Alumninya Melaporkan Data Secara Berkala

oleh -170 views
Dr. Drs. I Made Kartika, M.Si Dekan FKIP Dwijendra University

Dwijendranews.com|  Denpasar| Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dwijendra University selenggarakan Yudisium dan Pelepasan Sarjana Pendidikan Periode XXXIII  dengan prokes yang ketat pada hari Selasa (12/10/2021) di Aula Sadhu Gochara Yayasan Dwijendra. Dekan  FKIP Dwijendra University, Dr., Drs. I Made kartika, M.Si dalam sambutan menyampaikan “Dalam kesempatan ini, saya mengingatkan kepada para yudisiawan  yang akan menjadi alumni, agar selalu mengisi data tracer study secara berkala”.

Tracer studi itu sendiri merupakan sistem mengenai jejak atau situasi alumni saat ini khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja, dan pemamfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah dengan dunia kerja.  Tracer study ini juga untuk mendapatkan tingkat relevansi lulusan terhadap bidang kerja sendiri, berapa banyak lulusan yang terserap dunia kerja, dan apakah lulusan yang dihasilkan telah memenuhi kebutuhan dunia kerja.

FKIP dengan empat program studinya, hari ini menyudisium sebanyak 83 orang sarjana pendidikan. Made Kartika menuturkan “beberapa lulusan kami ini telah di terima bekerja di berberapa sekolah, dan tentu merupakan kebaggaan karena lulusan kami cepat terserap di dunia kerja”.

Manfaat tracer study sendiri tentunya sangat bermanfaat, tidak hanya bagi lulusan, tetapi perguruan tinggi dan dunia kerja juga. Data alumni yang terekam dalam sistem tracer study sangat bermanfaat bagi FKIP Dwijendra University sebagai informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran, imbuhnya.

Pengisian data kuesioner tracer study untuk alumni Dwijendra University dapat dilakukan secara online dengan mengakses https://tracer.undwi.ac.id, kemudian hasil isian ini akan diolah menjadi prosentase dan grafik. Keseluruhan data privasi alumni akan dijamin kerahasiaannya. [Astra]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *