Seminar Calon Alumni Fakultas Pertanian dan Bisnis Dwijendra University Bertemakan “Komunikasi Bisnis”

oleh -126 views
Materi Komunikasi Bisnis oleh Rektor Dwijendra University

Dwijendranews DENPASAR,
Minggu 10 Oktober 2021, Fakultas Pertanian dan Bisnis Dwijendra University melaksanakan seminar dengan peserta adalah calon alumni dan dinarasumberi oleh Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc., M.M.A. (Rektor Dwijendra University). Penyelenggaraan seminar ini dilaksanakan di Aula Sadhu Gocara Lantai 3. Seminar kali ini mengangkat tema “Komunikasi Bisnis”, dengan tujuan untuk mempersiapkan diri mahasiswa dalam menghadapi persaingan di dunia kerja dengan memperkuat fondasi dasar. Di era globalisasi saat ini, tidak hanya memperkuat kemampuan dalam bidang teknologi, namun perlu juga memperkuat teknologi informasi dan komunikasi yang salah satunya yaitu dengan mendalami komunikasi bisnis. Berbicara tentang persaingan global, terutama dalam persaingan kelompok maupun persaingan individu kita tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi merupakan salah satu komponen penting dalam berinteraksi sosial/proses sosial termasuk ke dalam kegiatan bisnis. Pelaku bisnis sendiri sangat membutuhkan komunikasi dalam menjalankan bisnis terutama dalam mengelola bawahan maupun tim kerjanya. Komunikasi sendiri mengandung beberapa point penting seperti terdapat tujuan dan target; ada pertukaran infromasi, gagasan, opini, instruksi; memanfaatkan saluran personal atau interpersonal; dan menggunakan simbol atau sinyal sebagai alat dalam berkomunikasi untuk mempermudah penerimaan pesan, lebih jelas di sampaikan narasumber.

Diskusi antara narasumber dan peserta seminar

Lalu apa itu komunikasi bisnis? Komunikasi bisnis merupkan proses pertukaran atau berbagai pesan/informasi diantara para aktor bisnis (internal organisasi dan eksternal organisasi). Konsep yang ditekankan dalam komunikasi bisnis ini adalah terdapat supply dan demand, sehingga terciptanya pertukaran pesan maupun informasi. Selanjutnya dijelaskan oleh narasumber bahwa komunikasi pemasaran dari sisi produsen/perusahaan: mendifinisikan bahwa komunikasi pemasaran merupkan sarana perusahaan untuk memberikan informasi, melakukan persuasi, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yg dijual. Pada prinsipnya komunikasi bisnis atau pemasaran bermanfaat untuk menentukan tahapan strategi pemasaran, seperti: mengetahui dan memilih calon konsumen dan konsumen yang ditargetkan, mengidentifikasi keinginan calon konsumen, dan menentukan marketing mix.

Antusias peserta dalam berdiskusi

Materi yang disampaikan oleh narasumber sangat dicermati dengan baik oleh peserta yang ditandai dengan antusias peserta dalam bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Berbagai tantang nantinya akan dihadapi oleh calon alumni sebagai peserta seminar kali ini, karena akan menghadapi persaingan di pasar bebas. Ketekunan dan kesabaran adalah kunci dalam menghadapi persaingan tersebut, dan tentunya juga harus diimbangi dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya dan tidak pernah puas dalam belajar (3D_FPB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *