Dwijendra University Terapkan Mina Padi Bersama Petani di Tegallalang

oleh -62 views

Dwijendranews.com| Denpasar| Sektor pertanian masih memegang peran yang signifikan di dalam pembangunan baik di perdesaan maupun perkotaan, terebih lagi saat ini masyarakat menghadapi situasi Pandemi Covid 19. Peningkatan dan penguatan kapasitas petani menjadi komponen utama dalam mewujudkan pertanian yang semakin tangguh dan berdaya saing. Demikian disampaikan oleh Gede Sedana selaku Rektor Dwijendra University di sela-sela penebaran bibit ikan nila di salah satu kelompok petani di Tegallalang Minggu, 10 Oktober 2021.


Penebaran bibit ikan nila dilakukan sebagai salah satu aplikasi teknologi budidaya yang mengkombinasikan antara tanaman padi dengan ikan yang dikenal dengan mina padi. Sedana yang didampingi oleh WR 1, WR 2, WR 3, serta Dekan FKIP dan Dekan Fakultas Teknik dan beberapa dosen menyampaikan bahwa teknologi mina padi yang diterapkan adalah bagian dari implementasi program Matching Fund, hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek Dikti. Pemilihan teknologi budidaya mina padi sangat diharapkan kepada petani untuk dapat memaksimalkan sumberdaya yang telah tersedia seperti lahan sawah dan air irigasi selain tenaga kerja. Tim Matching Fund Deijendra University akan secara intensif memberikan penyuluhan-penyuluhan ke petani, selain mengembangkan mina padi ke petani-petani lainnya.


Petani-petani yang diajak untuk menerapkan budidaya mina padi merasa sangat senang yang ditunjukkan oleh tingginya antusias mereka saat memulai pengolahan lahan, penanaman padi dan penebaran bibit ikan. Bahkan beberapa petani lain juga memohon untuk diberikan bibit ikan yang akan ditebar di lahan sawahnya.


Selain itu, petani juga akan didorong dan dimotivasi untuk meningkatkan nilai tambah ikan nila saat pascapanen, misalnya dengan mengintroduksikan teknologi pengolahan yang tepat guna. Olahan ikan diharapkan menjadi salah satu produk khas di Desa Tegallalang yang juga sebagai desa wisata, kata Gede Sedana seusai penebaran bibit ikan nila (Astra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *