Fakultas Pertanian, Dwijendra University Wujudkan Kerjasama dengan Pemerintah Desa Padangsambian Kaje

oleh -294 views
Bapak Rektor Dwijendra University dan Perbekel Padangsambian Kaje sedang membuat bibit tanaman

Dwijendranews.com| Denpasar| Setelah berkali-kali mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Padangsambian Kaje, Kota Denpasar, Fakultas Pertanian Dwijendra University mewujudkan kerjasama jangka panjang di dengan Pemerintah Desa Padangsabian Kaje dalam upaya untuk membangun daerah dan sekaligus memberdayakan masyarakat setempat. Demikian disampaikan oleh Dekan fakultas Pertanian, Dr. Ir. Ni Ketut Karyati, MP. di sela-sela pelaksanaan kegiatan persiapan lahan pertanian di wilayah Desa Padangsambian Kaje siang tadi (Jumat, 1 Oktober 2021).


Persiapan lahan pertanian yang dilakukan di atas lahan tidur yang luasnya sekitar 4,5 are dihadiri juga oleh I Made Wijaya, S.Pt., M.Si. selaku Kepala Desa Padangsambian Kaje, dan Rektor Dwijendra University, Dr. Ir. Gede Sedana, M.Sc.,M.MA.  I Made Wijaya mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian ibaratnya gayung bersambut dengan program di desa, yaitu memberdayakan lahan tidur dan kapasitas masyarakat di dalam pembangunan desa. Kerjasama dengan pihak kampus merupakan salah satu bagian yang penting untuk dilaksanakan oleh pemerintah desa dan merupakan pengejawantahan dari program pembangunan desa dari Kementerian Desa Republik Indonesia. Kami berharap ke depan Desa Padangsambian Kaje menjadi salah satu contoh pembangunan pertanian yang ada di Kota Denpasar, imbuhnya.


Sementara itu, Gede Sedana mengatakan bahwa pihak Dwijendra University akan senantiasa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa-desa sebagai salah satu bentuk pengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh para dosen, khususnya pada Fakultas Pertanian. Pelaksanaan persiapan lahan pertanian di Desa Padangsambian Kaje akan terus dikawal bersama-sama dengan pihak desa guna menjadikan kawasan tersebut sebagai agricultural house yang bermanfaat untuk pembelajaran pertanian bagi mahasiswa dan masyarakat desa. Keterlibatan mahasiswa sejak awal pembuatan agricultural house ini menjadi bagian yang utama di dalam meningkatkan keterampilan mereka di dalam mengembangkan teknologi pertanian, mulai dari pembibitan hingga nanti pada pascapanennya, kata Gede Sedana menambahkannya.
Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan persiapan lahan pertanian dan pelaksanaan bertani di agricultural house ini akan menjadi implementasi dari program LPPM di dalam mendorong program merdeka belajar kampus mewrdeka, seperti mendukung kegiatan proyek desa, yaitu Desa Padangsambian Kaje, ungkap Intan Maulina selaku Ketua LPPMK Dwijendra University. (Astra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.