Polemik sistem Ganjil Genap Ditengah Pandemi

oleh -75 views
Kadek Putra Pastika

Dwijendranews.com| Opini| Akhirnya Bali mengalami sistem Ganjil Genap untuk di Wilayah sanur dan Kuta waktu dan dimana saja titik point pelaksanaanyapun sudah dibagikan di segala social media yang ada.  Yang akan mulai diberlakukan tepat pada Tanggal 25 september 2021. Memang tujuan utama dari diberlakukannya sistem Ganjil genap ini adalah untuk mengurangi penyebaran Covid 19. Namun akan tetapi Pemerintah  harus memperhitungakan dengan baik ketika pemberlakuan ganjil genap ini dilaksanakan khusunya di masa pandemic Covid 19.

Banyak masyarakat yang melakukan usaha di masa pandemi ini dikarenakan banyak masyarakat kehilangan pekerjaannya dan banyak masyarakat yang hanya memiliki satu kendaraan saja. Memang di aturan tersebut sudah ada jam tertentu system ganjil/genap itu dilaksanakan. Namun apakah bisa masyarakat yang memiliki satu kendaraan saja  keluar pada saat jam tertentu saja, “misalkan mereka yang memiliki motor berplat nomor ganjil harus keluar mengantar sesuatu dan pada saat itu pas tanggal genap dan harus mengantar barang pada saat jam dilakukannya system ganjil genap” mari kita beropini akan banyak masyarakat kemungkinan besar membuat sebuah plat nomor palsu agar tetap bisa beraktivitas dengan baik dijalan raya.

Jika memang mekanisme ganjil genap ini diberlakukan secara terus menerus. Kita berharap pemerintah sudah menyiapkan mekanisme juga untuk membantu masyarakat yang melakukan usaha yang hanya memiliki satu kendaraan saja, agar juga masyarakat tidak melanggar sebuah aturan ataupun membuat sebuah plat nomor kendaraan palsu dan terjadilah pelanggaraan hukum. Kita berharap pemerintah dan juga pihak kepolisian benar-benar memperhatikan dan mengevaluasi setiap harinya dari kebijakan baru ini agar masyarakat tidak dirugikan. Agar masyarakat tersebut tetap bisa melakukan usahanya.*)

*) Penulis
Kadek Putra Pastika
Mahisiswa Magister Ilmu Hukum Universitas Dwijendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *