Manfaat Video Pembelajaran Dalam Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini

oleh -115 views
I Gusti Ayu Indah Triana Juliari, S.Pd., M.Pd

Dwijendranews.com| Opini| Sejak ditetapkannya Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, eksistensi Bahasa Inggris sudah tidak diragukan lagi. Dalam pendidikan, Bahasa Inggris merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempunyai peranan penting dalam menghadapi era globalisasi. Bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dan menggali informasi yang berhubungan dengan dunia luar. Namun, untuk dapat memahami wacana maupun tulisan dalam Bahasa Inggris, seseorang perlu memiliki keterampilan (skill) dan pembedaharaan kata yang mumpuni. Kosa kata merupakan unit terkecil yang dapat dipelajari diawal belajar bahasa. Dalam rangka memperkaya kosakata, diperlukan media dan metode yang menarik sehingga tidak membosankan bagi peserta didik.

Pengenalan kosakata bahasa Inggris sangat penting dalam perkembangan peserta didik, khususnya anak usia dini. Pada masa ini, anak sedang berada dalam masa emas atau golden age. Menurut Ratminingsih (2021) masa emas atau periode kritis belajar (golden age or critical period) yaitu suatu masa yang sangat potensial bagi peserta didik untuk memperoleh bahasa bahkan multibahasa sekaligus, hal ini disebabkan oleh peralatan pemerolehan kebahasaan (Language Acquisition Device) anak – anak pada usia tersebut relatif masih segar dan belum terkontaminasi oleh bahasa lainnya. Pada masa ini, anak-anak memiliki gaya belajar yang variatif. Hal ini disebabkan anak usia dini tergolong anak yang aktif dan melakukan kegiatan yang membuat mereka senang. Beberapa anak suka belajar dengan cara melihat langsung obyek yang sedang dipelajari, ada juga yang suka mendengarkan bahkan ada beberapa anak belajar dengan cara meniru maupun melakukan gerakan. Hal tersebut karena setiap anak memiliki karakter atau gaya belajar yang berbeda.  Adapun tiga karakteristik gaya belajar anak, yaitu:

  1. Visual learning style

Anak – anak yang memiliki gaya belajar visual adalah mereka yang biasanya memahami pembelajaran dengan melihat, menggambarkan dan memvisualisasikan konsep pengetahuan yang mereka miliki. Anak – anak pada tipe ini cenderung bisa melakukan aktivitas seperti menonton video, menggunakan flashcards, dan melihat guru yang sedang menjelaskan materi pelajaran.

  1. Auditori learning style

Tipe pelajar auditori cenderung belajar melalui pendengaran. Anak – anak pada tipe ini belajar dengan mengingat ucapan guru maupun audio yang sedang diputar. Mereka dapat belajar dengan lebih cepat melalui merekam pembelajaran dikelas dan mendengarkan ulang saat mereka ingin mempelajarinya kembali.

  1. Kinesthetic learning style

Anak – anak dengan tipe belajar kinestetik adalah mereka yang cenderung belajar melalui gerakan. Mereka cenderung lebih cepat mengerti apabila belajar dengan melakukan praktik langsung atau eksperimen.

Ketiga karakteristik gaya belajar (learning style) tersebut sangat sesuai dengan media pembelajaran dalam bentuk video. Menurut Busyaeri, dkk (2016) video merupakan media audio visual yang sudah beredar di masyarakat dan banyak diminati oleh anak-anak, mulai dari jenis video hiburan, pengetahuan,  informasi,  musik,  dan  berbagai cerita yang bisa disaksikan dengan mudah.

Penerapan video pembelajaran pada pendidikan anak usia dini diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Siswa dapat melihat secara jelas topik atau materi dan mempermudah siswa untuk mempelajari serta mengingat kosakata baru khususnya dalam bahasa Inggris. Adapun manfaat dari penggunaan video pembelajaran dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menarik perhatian siswa

Video adalah sebuah media yang bersifat audio-visual yang dapat menampilkan gerak maupun animasi sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian siswa dalam mempelajari kosakata baru dalam bahasa Inggris.

  1. Mengatasi keterbatasan jarak dan waktu

Penggunaan video pembelajaran sebagai salah satu upaya yang dapat mengatasi keterbatasan jarak dan waktu bagi siswa untuk belajar terlebih pada masa pandemi. Dengan adanya video pembelajaran siswa dapat melihat dan memutar ulang video sesuai dengan kebutuhan atau sampai mereka dapat mengingat apa yang sudah dipelajari.

  1. Proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien

Dalam situasi pandemi covid-19 ini, penggunaan video pembelajaran menjadi sebuah alternatif yang bisa dijadikan media untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran karena mampu menggambarkan secara detail dan jelas kosakata baru dalam bahasa Inggris.

  1. Meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa

Penggunaan media video pembelajaran bagi anak usia dini sangat mendukung untuk perkembangan daya ingat siswa. Dengan bantuan penggunaan video pembelajaran, guru dapat menyajikan dan menjelaskan kosakata dalam bahasa Inggris dengan berbagai kreativitas. Misalnya dengan cara menyisipkan sebuah lagu atau permainan diawal atau diakhir video dan melakukan drill yang disertai dengan contoh gambar atau animasi yang bergerak. Hal ini bertujuan untuk melatih anak dalam mengembangkan keterampilan mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. *)

*) Penulis

I Gusti Ayu Indah Triana Juliari, S.Pd., M.Pd

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Dwijendra University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *