Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Identitas dan Lambang Jati Diri Bangsa Indonesia

oleh -525 views
Patrisius Jana mahasiswa PBID, FKIP, Dwijendra University

DwijendraNews.Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai Identitas dan Lambang Jati Diri Bangsa Indonesia.

Bahasa merupakan suatu wujud yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sehingga dapat dikatakan bahwa bahasa itu adalah milik manusia yang telah menyatu dengan pemiliknya. Bahasa sebagai salah satu milik manusia dan selalu muncul dalam segala aspek dan kegiatan manusia. Tidak ada satu pun kegiatan manusia yang tidak disertai dengan kehadiran bahasa. Bahasa sebagai alat untuk berinteraksi, dan alat untuk mengekspresikan diri.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan negara Republik Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi bahasa titik temu dari semua bahasa daerah yang ada di Indonesia. Dalam bahasa Indonesia banyak sekali perubahan dari masa ke masa, terutama dengan penggunaan ejaan, yaitu baik dari ejaan van ophuysen sampai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Dengan adanya EYD ini, tidak ada lagi perubahan ejaan pada bahasa Indonesia, mulai dari disahkannya pada tahun 1972 hingga sekarang ini.

Dalam penggunaan bahasa Indonesia di masa sekarang ini, anak muda Indonesia sudah tidak memperhatikan sendi kejujuran dalam berbahasa. Kejujuran dalam berbahasa yang dimaksud adalah dengan mengikuti aturan-aturan atau kaidah-kaidah dalam berbahasa. Generasi muda di zaman sekarang ini, cenderung lebih cuek dengan hal-hal tentang negaranya, dan lebih tertarik pada negara luar.

Di era globalisasi sekarang ini maraknya penyalahgunaan bahasa dengan cara mencampuradukan bahasa Indonesia dengan bahasa dari luar (bahasa asing), ataupun dengan penggunaan bahasa gaul, membuat perkembangan dan eksistensi dari bahasa Indonesia menjadi turun. Anak muda Indonesia lebih sering menggunakan bahasa gaul dari pada menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ini merupakan masalah besar bagi keeksistensinya bahasa Indonesia.

Sementara itu banyak negara luar yang mempelajari atau belajar bahasa Indonesia, bahkan ada beberapa negara yang menerapkan adanya pelajaran bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran atau mata kuliah peminatan, baik itu di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi.

Sebagai anak muda Indonesia patutlah kita bangga terhadap bahasa negara kita. kita harus mempelajari dan mencintai bahasa dari negara kita sendiri, dengan cara meningkatkan minat bagi para remaja kita, agar menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan aturan atau kaidah dalam berbahasa, yaitu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan dengan tindakan nyata dari diri sendiri. Karena itu merupakan bagian penting untuk perubahan agar para remaja Indonesia mempuyai rasa bangga akan bahasanya sendiri. Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu, identitas, dan jati diri bangsa Indonesia.

Opini Patrisius Jana Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dwijendra University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *