Agroindustri Pilihan Modernisasi Perdesaan

oleh -348 views

Era pandemic Covid 19 yang telah terjadi lebih dari satu tahun memberikan dampak dalam berbagai sektor ekonomi di Indonesia termasuk di Bali. Pertumbuhan sektor pariwisata mengalami penurunan yang sangat drastis yang mengakibatkan tenaga kerjanya melakukan alih profesi, seperti berdagang, bertani dan jasa lainnya baik di di perkotaan maupun di perdesaan. Masyarakat petani di perdesaan juga terkena dampak dari kemerosotan sektor pariwisata tersebut, dimana permintaan beberapa jenis produk pertanian menjadi menurun sementara produksinya relatif banyak. Akibatnya produk pertanian tidak laku dengan harga yang layak sehingga pendapatan petanipun ikut menurun.
Kondisi yang sedemikian ini, pemerintah perlu mendorong tumbuhnya industri di perdesaan, yang dikenal dengan sebutan agroindustri. Agroindustri adalah suatu industri yang memberikan value added (nilai tambah) terhadap produk pertanian yang hasilkan oleh petani di dalam kawasan perdesaan dan sekitarnya. Misalnya, agroindustri tersebut dalam bentuk suatu pabrik yang bergerak dalam kegiatan pascapanen, seperti penyimpanan, pengangkutan, pengolahan dan kemasan serta pemasaran. Selain itu, modernisasi perdesaan dapat dilakukan melalui usaha-usaha jasa pemeliharaan dan perbaikan alat dan mesin pertanian.
Pembangunan dan pengembangan agroindustry dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya adalah menarik dan mendorong munculnya industri baru karena dapat menciptakan nilai tambah; menciptakan struktur perekonomian yang tangguh, efisien, dan fleksibel karena dapat menciptakan lapangan pekerjaan, Selain itu, agroindustri dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi penduduk perdesaan dan sekaligus menurunkan laju urbanisasi. Modernisasi perdesaan dalam bentuk agroindustri harus disertai dengan menciptakan manusia modern yang berkenaan dengan teknologi pascapanen baik secara teknis, ekonomis maupun manajemen.

*I Made Eke Puryanto adalah mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Dwijendra University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *