Saatnya Mengimplementasikan Pembangunan Partisipatif

oleh -521 views

Secara umum, tujuan utama dari suatu pembangunan adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat seperti meningkatkan pendapatan masyarakat dan sekaligus mengurangi kemiskinan yang saat ini masih menjadi persoalan yang sangat besar, terlebih lagi di masa pandemic Covid 19. Pemerintah telah mencanangkan program desentralisasi sejak era reformasi. Pemerintah pusat telah memberikan kewenangan yang relative besar dan juga mentransfer anggaran kepada daerah-daerah guna dapat mengalokasikan sumberdaya ekonomi dan memberikan pelayanan publik yang lebih baik sehingga kesejahteraan rakyat dapat terwujud.
Namun, kemiskinan masih saja ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Apakah perencanaan pembangunan belum dilakukan secara partisipatif. Perencanaan partisipatif merupakan suatu perencanaan yang memiliki prinsip melibatkan kebutuhan masyarakat di dalam proses pra-prencanaan, implementasi sampai pada evaluasinya. Dengan demikian, perencanaan ini disusun atas dasar respon terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Salah satu manfaat perencanaan partisipatif ini adalah untuk menghindari peluang terjadinya bias proses pembangunan dan juga aspirasi serta kebutuhan masyarakat yang sebenarnya.
Pembangunan yang berbasis pada kebutuhan masyarakat ini sering dikenal dengan sebutan people centered development dan community based development. Masyarakat tidak hanya dipandang sebagi obyek tetapi juga sebagai subyek atau pelaku di dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, jika pendekatan partisipatif dapat diimplementasi secara benar dalam proses pembangunan, maka dapat dijamin tujuan untuk mensejahterakan masyarakat akan terwujud.

*Enza Walung

Penulis adalah mahasiswa Prodi Agribisnis, Fakultas Petanian dan Bisnis, Dwijendra University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *