,

Jelajah Arsitektur Bali: Keunikan Pura Batur Desa Adat Serason, Tabanan

oleh -978 views
Kinsa Destias (Mahasiswi Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Dwijendra University)
Kinsa Destias (Mahasiswi Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Dwijendra University)

DwijendraNews – Serason merupakan salah satu Desa Adat Serason, Desa Pitra, Kec. Penebel, Kab. Tabanan dengan jumlah penduduk 140 KK, dahulu desa ini bernama Desa Seraton yang artinya ratu atau seratu karena dulunya tanah ini milik Kerajaan Tabanan yang akhirnya dibeli oleh penduduk asli sehingga nama desa ini dirubah menjadi Desa Serason. Selain desanya yang asri karena  bentangan sawah dan perkebunannya yang luas Desa Serason juga memiliki beberapa pura dengan sejarah yang unik salah satunya adalah Pura Batur. Untuk menuju Pura Batur kita harus melewati bentangan sawah yang indah.

Gambar 1. Denah Pura Batur Sumber.
Gambar 1. Denah Pura Batur Sumber. CAD Kinsa Destias 2021

Dahulu pura ini hanya sebuah  gundukan batu dan pohon boni besar kemudian krama banjar Desa Serason memutuskan untuk menjadikannya sebuah pura yang sekarang dikenal dengan nama Pura Batur. Pura Batur merupakan linggih atau tempat berstananya Ida Betara Jero Gede Batur. Konon menurut kepercayaan krama banjar Desa Serason apabila ada hewan ternak (sapi) dan manusia yang sakit atau ada hama walangsangit maka mereka akan datang ke Pura Batur untuk memohon keselamatan dan kesembuhan dengan cara seperti memetik atau meminta (nunas) daun yang ada di Pura Batur untuk dijadikan obat (boreh).

Pura Beji
Gambar 2. Pelinggih Pura Batur Sumber. Dokumentasi Pribadi  2021

Odalan di Pura Batur dilaksanakan pada umanis galungan jika odalan alit hanya dilaksanakan satu hari atau apisan. Namun jika odalan besar atau ageng akan dilaksanakan tiga hari. Odalan dipuput oleh jero mangku Pura Batur yang bernama Jero Mangku Wayan Mertana atau Jero Mangku Pura Batur. Selain muput piodalan, sebelum piodalan beliau juga akan menghias pura. Pada saat odalan ageng atau besar akan dilaksanakan upacara mesucian ke Pura Beji yang letaknya berdekatan dengan Pura Batur.

Gambar 3. Pura Beji Sumber. Dokumentasi Kinsa Destias 2021
Gambar 3. Pura Beji
Sumber. Dokumentasi Kinsa Destias 2021

Pura Beji Batur merupakan sumber mata air yang dijadikan sebagai tempat mesuci Ida Betara Jero Gede Batur dan Jero Tapakan setiap odalan ageng di Pura Beji. Sumber mata air yang jernih dan tempatnya yang sejuk sehingga banyak krama Desa Serason yang datang ke Pura Beji untuk meminta atau nunas air suci guna dijadikan obat atau sebagai tempat melukat. Di Pura Beji itu sendiri terdapat tiga buah arca yang merupakan sesangi dari menantu Jero Mangku Pura Batur, piodalan di Pura Beji Batur bersamaan dengan piodalan di Pura Batur.

Kinsa Destias (Mahasiswi Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Dwijendra University)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.